KEPEDULIAN TUHAN 

Blessed Family Church Blog

KEPEDULIAN TUHAN 

Bacaan: Yesaya 63

http://passionateheintje.blogspot.com/2018/11/devotion-1097-kepedulian-tuhan.html

Pada umumnya setiap individu akan menjaga, melindungi bahkan membela orang yang disayanginya. Ini adalah salah satu bukti cerminan dari sikap Allah kepada manusia. Israel adalah milik kesayangan TUHAN, sekalipun mereka suka memberontak tetapi TUHAN tetap mengasihi. Edom, bangsa keturunan Esau tetapi suka menindas dan melakukan kejahatan terhadap Israel. Edom adalah kekuatan besar yang tak mungkin dikalahkan oleh Kerajaan Yehuda dengan kekuatan militer mereka yang tersisa pada saat itu. Secara rohani, Edom melambangkan dunia yang bersifat memberontak, yang dengan keras kepala selalu memusuhi umat Allah (Am. 1:11).

Kepada siapa lagi Israel berlindung? Pastilah hanya kepada TUHAN yang sanggup mengatasi kekuatan Edom. Secara rohani, Edom (dunia) sedang menekan Israel (Israel rohani = umat TUHAN). Secara apokaliptik, TUHAN sendiri yang berperang tanpa dibantu yang lain, bisa menunjukkan karya Kristus di Calvari yang berperang seorang diri melawan yang jahat dan Ia memperoleh kemenangan. Mengapa Tuhan memedulikan Israel (baik secara bangsa atau umatNya) dengan menghancurkan para musuhnya? Karena Ia mengasihi mereka dan sesuai dengan ikatan perjanjianNya, Ia menjadi juruselamat mereka (ay.7-9). Oleh karena itu, mereka berani berseru kepadaNya serta memanggil Tuhan sebagai “Bapa” dan “Penebus” (ay.16) agar Ia bersegera menolong mereka (ay.15-19). Bahkan TUHAN juga mengaruniakan RohNya yang Kudus didalam hati setiap umatNya. Roh Kudus yang adalah Pribadi Allah sendiri yang akan menuntun, menyertai, bahkan membawa umatNya ketempat perhentian. Karena itu jangan mendukakan Roh Kudus supaya Ia tidak berbalik dan menghukum mereka yang mendukakanNya (ay.10). Berilah dirimu dengan sukacita untuk dipimpin oleh Roh Kudus, agar supaya engkau dapat berjalan dalam kehendakNya dan seluruh kebenaranNya sampai pada tempat perhentian yang permai.

Karena TUHAN mengasihi umatNya maka Ia menaruh Roh Kudus dalam setiap hati mereka dan Roh Kuduslah yang akan memimpin umatNya berjalan dalam kehendakNya dan seluruh kebenaranNya.

Yesaya 63:14 “seperti ternak yang turun ke dalam lembah. Roh TUHAN membawa mereka ke tempat perhentian. Demikianlah Engkau memimpin umat-Mu untuk membuat nama yang agung bagi-Mu.”

Leave a Reply

5 + 2 =