SETIA DALAM RANCANGAN-NYA

Blessed Family Church Blog

SETIA DALAM RANCANGAN-NYA

Tuhanlah yang mempunyai rancangan dan merancang kehidupan kita bukan sebaliknya oleh karena itu kita harus mengejar apa rancangan-Nya terhadap hidup kita masalahnya kita tidak menghidupi firman Tuhan sehingga kata-kata yang ada di alkitab hanya kata-kata yang mati padahal firman itu ya dan amin.

 

Kadang kita melihat ayat firman diatas bukan dengan perspektif Tuhan yaitu kegagalan, penuh keraguan dan kekecewaan tetapi sebaliknya kita harus melihat dengan perspektif Tuhan (kacamata Tuhan) dan kita harus mempunyai keyakinan akan rancangan Tuhan dan bukannya membuat rancangan sendiri.

 

Untuk dapat mengerti rancangan Tuhan kita harus menggunakan perspektif Tuhan (kacamata Tuhan) dan membaca alkitab setiap hari dengan ikut Gerakan Baca Alkitab (GBA).

 

Seperti kisah Musa didalam alkitab :

 

Keluaran 3:10 : “Jadi sekarang, pergilah, Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang Israel, keluar dari Mesir.”

 

Keluaran 7:3-4 : “Tetapi Aku akan mengeraskan hati Firaun, dan Aku akan memperbanyak tanda-tanda dan mujizat-mujizat yang Kubuat di tanah Mesir. Bilamana Firaun tidak mendengarkan kamu, maka Aku akan mendatangkan tangan-Ku kepada Mesir dan mengeluarkan pasukan-Ku, umat-Ku, orang Israel, dari tanah Mesir dengan hukuman-hukuman yang berat.(TB)”

 

Keluaran 7:13 : “Tetapi hati Firaun berkeras, sehingga tidak mau mendengarkan mereka keduanya–seperti yang telah difirmankan TUHAN.(TB)”

 

Maka Tuhan mendatangkan 10 tulah, terbagi menjadi 3 :

  1. Firaun mengeraskan hatinya
  2. Firaun mengijinkan bangsa Israel pergi; namun lalu kembali mengeraskan hatinya.
  3. Firaun mengijinkan bangsa Israel pergi namun lalu Tuhan mengeraskan hatinya.

 

Keluaran 11:1-3 : “Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: “Aku akan mendatangkan satu tulah lagi atas Firaun dan atas Mesir, sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi dari sini; apabila ia membiarkan kamu pergi, ia akan benar-benar mengusir kamu dari sini. Baiklah katakan kepada bangsa itu, supaya setiap laki-laki meminta barang-barang emas dan perak kepada tetangganya dan setiap perempuan kepada tetangganya pula.” Lalu TUHAN membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa itu; lagipula Musa adalah seorang yang sangat terpandang di tanah Mesir, di mata pegawai-pegawai Firaun dan di mata rakyat.(TB)”

 

Keluaran 12:31-33 : “Lalu pada malam itu dipanggilnyalah Musa dan Harun, katanya: “Bangunlah, keluarlah dari tengah-tengah bangsaku, baik kamu maupun orang Israel; pergilah, beribadahlah kepada TUHAN, seperti katamu itu. Bawalah juga kambing dombamu dan lembu sapimu, seperti katamu itu, tetapi pergilah! Dan pohonkanlah juga berkat bagiku.” Orang Mesir juga mendesak dengan keras kepada bangsa itu, menyuruh bangsa itu pergi dengan segera dari negeri itu, sebab kata mereka: “Nanti kami mati semuanya.”

 

 

Keluaran 3:19-21 : “Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan membiarkan kamu pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat. Tetapi Aku akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya; sesudah itu ia akan membiarkan kamu pergi. Dan Aku akan membuat orang Mesir bermurah hati terhadap bangsa ini, sehingga, apabila kamu pergi, kamu tidak pergi dengan tangan hampa,(TB)”

 

Kita dapat melihat bahwa rancangan Tuhan jauh lebih baik daripada rancangan kita sendiri. Tuhan itu teramat baik oleh karena itu kejarlah rancangan Tuhan buat kita dan tidak perlu berdoa minta macam-macam kepada Tuhan tetapi fokus saja kepada rancangan Tuhan. Jika Tuhan mengijinkan proses terjadi dalam kehidupan kita jalani saja karena Tuhan pasti memberikan sesuatu dan jalan keluarnya.

 

Kejadian 15:13-14 : “Firman TUHAN kepada Abram: “Ketahuilah dengan sesungguhnya bahwa keturunanmu akan menjadi orang asing dalam suatu negeri, yang bukan kepunyaan mereka, dan bahwa mereka akan diperbudak dan dianiaya, empat ratus tahun lamanya. Tetapi bangsa yang akan memperbudak mereka, akan Kuhukum, dan sesudah itu mereka akan keluar dengan membawa harta benda yang banyak.(TB)”

 

Kita harus ada dalam rancangan Tuhan karena rancangan untuk kehidupan kita itu sudah ada. Kalau kita merasa kekosongan dalam hidup ini maka kemungkinan tidak hidup dalam rancangan Tuhan karena rancangan Tuhan adalah damai sejahtera

 

2 Tawarikh. 7:14 : “dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diriberdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.(TB)”

 

kita harus minta ampun dan berdoa jika kita tidak dalam rancangan Tuhan dan berbalik (bertobat) maka Tuhan akan bekerja dalam kehidupan kita.

 

Ulangan 28:1 : “Jika engkau baik-baik mendengarkan suara TUHAN, Allahmu, dan melakukan dengan setia segala perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, maka TUHAN, Allahmu, akan mengangkat engkau di atas segala bangsa di bumi.(TB)”

 

Maka selanjutnya kita harus masuk ke hadirat Tuhan dan melakukan yang Tuhan perintahkan dengan iman dan bergabung ke dalam Cool (komunitas) agar terbangun iman kita. Kita juga harus setia pada Tuhan karena Dia akan memampukan kita melewati proses kehidupan kita karena kita mengenal Tuhan dan masuk dalam rancangan-Nya.

Ingatlah firman ini :

 

 

“Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,(TB)”

Efesus 3:20 

 

 

 

“TUHAN YESUS MEMBERKATI”

Leave a Reply

66 − = 63