HIDUP DALAM PERKENANAN TUHAN

Blessed Family Church Blog

HIDUP DALAM PERKENANAN TUHAN

Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua, tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti; tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman, dan anak cucunya menjadi berkat.
(Mazmur. 37:25-26).

Mazmur 37 ditulis oleh Daud yang telah menyaksikan kebaikan Tuhan sepanjang hidupnya dan mau menyampaikan ucapan syukurnya kepada Tuhan. Daud adalah orang yang berkenan di hadapan Tuhan (Kisah Para Rasul. 13:22b). Daud berkata “Dahulu aku muda, sekarang telah menjadi tua”, yang menggambarkan bahwa ada perubahan: DULU KITA MUDA – Sekarang MENJADI TUA artinya HIDUP akan Mengalami Perubahan. Perubahan yang terjadi:
1. Perubahan MENINGKAT
2. Perubahan MENURUN

Walaupun perubahan fisik terjadi, dari muda menjadi tua, namun Tuhan tidak pernah berubah. Tuhan tidak akan pernah meninggalkan orang benar yang hidup berjalan bersama dengan-Nya. Kita akan mengalami perubahan meningkat jika kita hidup semakin benar di hadapan-Nya. Dalam mengalami perubahan mari kita terus setia dalam proses dan pegang janji Tuhan.

Janji Tuhan : “TUHAN akan mengangkat engkau menjadi kepala dan bukan menjadi ekor, engkau akan tetap naik dan bukan turun, apabila engkau mendengarkan perintah TUHAN, Allahmu, yang kusampaikan pada hari ini kaulakukan dengan setia,” (Ulangan. 28:13)

Hidup dalam perkenanan Tuhan :
1. PERUBAHAN bersama TUHAN! (CHANGE with GOD!)
“TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.” (Mazmur. 37:23-24)

Bagaimana mengalami perubahan yang “TERUS NAIK BERSAMA TUHAN!” ?
Semua orang pasti akan mengalami perubahan, namun apakah rohani kita tetap kuat dan teguh di dalam Tuhan? Apakah hidup kita senantiasa benar di dalam Tuhan? Ketika kita tetap hidup benar dalam Tuhan, kita dapat memegang janji Tuhan bahwa kita tetap naik dan bukan turun. Masalah dan pergumulan boleh terjadi dalam proses perubahan tersebut namun kita harus tetap percaya Tuhan Yesus yang kita sembah adalah Tuhan yang baik, bahkan hal yang bagi kita mustahil pun akan DIA buat menjadi tidak mustahil.

Tuhan Yesus sendiri telah berkata : “Aku mengutus kamu untuk menuai apa yang tidak kamu usahakan; orang-orang lain berusaha dan kamu datang memetik hasil usaha mereka.” (Yohanes. 4:38).
Menuai apa yang kita tabur adalah hal yang biasa, sebuah hukum yang pasti terjadi. Tetapi orang yang berkenan di hadapan Tuhan akan mengalami unusual miracles, yaitu menabur apa yang tidak dituai (penuaian tanpa batas).

Berkenan kepada Tuhan berarti hidup taat kepada perintah-perintah Tuhan, mempunyai hubungan yang intim dengan Tuhan, dan mau bayar harga untuk-Nya. Karakter kita harus berubah sesuai kehendak-Nya misalnya saat menghadapi masalah, jangan lihat masalah tetapi lihat Tuhan yang mampu melakukan mujizat bagi kita. Perubahan kita bersama Tuhan yang akan membuat kita terus naik.

2. PERJANJIAN dengan TUHAN! (COVENANT with GOD!)
Perjanjian-perjanjian akan Tuhan nyatakan bagi anak-anak yang mengasihi Tuhan
TIGA PERJANJIAN TUHAN ATAS KITA (Mazmur. 37:25b-26)
• Tetapi tidak pernah kulihat orang benar ditinggalkan, atau anak cucunya meminta-minta roti.
• Tiap hari ia menaruh belas kasihan dan memberi pinjaman.
• Anak cucunya menjadi berkat

3. BERJALAN bersama TUHAN! (WALK with GOD!)
TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.( Mazmur. 37:23-24)

Semua orang yang mengasihi dan berjalan bersama Tuhan akan menerima janji-janji-Nya. Tuhan pasti akan melakukan bagian-Nya dalam perjanjianNya dengan kita. Tetaplah berharap kepada Tuhan apapun masalah yang sedang dihadapi, Karena Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita Jatuh Tergeletak. Berjalan bersama TUHAN dan janji Tuhan pasti digenapi, seperti janji Tuhan atas Abraham dan keturunannya. (Kej. 17:1-7).

Marilah kita hidup dalam Perkenanan Tuhan (Live in Favor of GOD), yaitu hidup mengalami
1). Perubahan Bersama TUHAN (Mazmur. 37:25a), menerima 2). Perjanjian Dengan TUHAN (Mazmur. 37:25b-26) dan 3). Berjalan bersama TUHAN (Mazmur. 37:23-24). Tidak ada yang mustahil ketika kita hidup dalam perkenanan Tuhan, bahkan unusual miracles akan terjadi dalam hidup kita. Perjanjian Tuhan ya dan amin dalam hidup setiap yang percaya. Pegang janji Tuhan dan mari lihat apa yang Tuhan kerjakan!

“TUHAN YESUS MEMBERKATI”

Leave a Reply

48 − = 43